0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tol Jombang-Mojokerto Difungsikan Saat Arus Mudik, Tapi Hanya Satu Jalur

Tol Mojokerto (merdeka.com)

Timlo.net — PT Marga Harjaya Infrastruktur pemilik jalan tol Jombang-Mojokerto, tengah mengebut pembangunan fisik di seksi 2 dan seksi 4. Namun, saat mudik lebaran nanti, jalur yang difungsikan hanya satu jalur.

“Saat ini kami sedang berusaha secara maksimal menyelesaikan seksi 2 dan seksi 4 supaya bisa difungsikan sementara selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sekalipun kemungkinan yang bisa digunakan baru satu jalur,” kata Direktur Teknik dan Operasi Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto Anggoro Legowo, Rabu (14/6).

Tol Jombang Mojokerto dengan total panjang 40,5 kilometer terbagi menjadi 4 seksi. Seksi 1 dan seksi 3, merupakan Jalur Toll Operasional (JTO) sudah diopersikan. Seksi 1 menhubungkan Jombang bagian tengah mulai Kecamatan Tembelang sampai Kecamatan Bandang Kedungmulyo. Sedangkan seksi 3, menghubungkan Mojokerto mulai dari Kecamatan Jetis sampai Kecamatan Gedeg.

Sementara Jalur Toll Fungsional (JTF), seksi 2 penghubung Jombang-Mojokerto, dan seksi 4 menghubungkan Bandarkedungmulyo (Jombang)-Mojokerto.

“Keputusan dapat difungsikannya JTF seksi 2 dan 4 bukan dari kami, melainkan instansi terkait (Kementerian PU-Pera),” tegasnya.

Rencananya, JTF difungsikan mulai Senin (19/6) nanti. Ini sebagai salah satu upaya untuk mengurai kemacetan di jalur By Pass Krian (Sidoarjo), By Pass Mojoketo, dan kemacetan di simpang Mengkreng (pertemuan jalur dari 3 wilayah, Nganjuk, Kediri dan Jombang).

“Kami berupaya mempersiapkan jalan dalam kondisi rigid. JTF sementara hanya untuk kendaraan golongan 1, non bus, non barang. Dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, tanpa dikenakan tarif (gratis),” kata Pimpinan Proyek seksi 2 Samsul Chair.

Sementara JTO dioperasikan 6 gardu tol di Gerbang Mojokerto, dan 4 gardu tol di Gerbang Bandar yang melayani tarif tunai maupun elektronik. Fasilitas yang sudah disediakan bagi pengguna tol sudah disiagakan mobil derek, ambulance, kendaraan rescue, petugas patroli. Serta difungsikan Rest Area di seksi 1 dan seksi 2 di Desa Kedungmelati untuk istirahat dan beribadah.

“Ada diskon tarif 10 persen bagi pengguna e-money Mandiri yang melintas di JTO yang berlaku mulai H-3 sampai hari Lebaran ke 2, dan H+4 sampai H+6 setelah hari lebaran. Termasuk call center yang bisa dihubungi sewaktu waktu (0321) 888123,” jelas Samsul.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge