0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IMB Atas Nama Orang Dalam, Satgas Pancanarendra Kaget

Pengageng Pariwisata Keraton Surakarta, KGPH Benowo ()

Solo — Satuan Tugas Pancanarendra kaget saat mengetahui Ijin Menerbitkan Bangunan (IMB) Kios baru di Pasar Arcade Cinderamata diterbitkan atas Nama KGPHPA Tedjowulan. Pasalnya, pembangunan kios tersebut dipastikan tanpa seijin dan sepengetahuan Sinuhun Pakubuwana XIII selaku raja yang sah.

“Kalau IMB-nya terbit atas nama itu, ya berarti itu yang membangun. Siapa lagi,” kata Ketua Satgas Pancanarendra, KGPH Benowo dengan nada kaget saat dihubungi melalui telefon, Selasa (13/6).

Untuk diketahui, KGPH Benowo dan KGPHPA Tedjowulan berada dalam satu Satuan Tugas (Satgas) Pancanarendra alias Tim Lima bentukan Sinuhun Pakubuwana XIII. Benowo menjabat sebagai Ketua Satgas, sementara Tedjowulan mengurus bidang ekternal.

Benowo memastikan kios tersebut dibangun tanpa sepengetahuan Sinuhun Pakubuwana XIII Hangabehi. Ia menjelaskan selama ini tidak pernah ada pembicaraan tentang pembangunan kios baru di kawasan tersebut dengan Sinuhun.

“Sinuhun tidak mengetahui apalagi menyetujui tentang penambahan kios di sana. Tidak dilapori,” tegasnya.

Ia menyayangkan pembangunan kios tersebut dilaksanakan tanpa restu Pakubuwana XIII. Keraton, lanjutnya, belum menyatakan sikap resmi terkait permasalahan ini. Benowo memastikan akan segera melaporkan Tedjowulan yang nekat membangun tanpa sepengetahuan raja.

“Sinuhun sedang ke luar kota. Nanti kalau beliau pulang akan kita bicarakan masalah ini,” kata dia.

Sementara itu, KGPHPA Tedjo Wulan sampai saat ini belum bisa dihubungi untuk konfirmasi. Timlo.net beberapa kali berusaha menelfon​ nomor ponselnya tapi selalu gagal karena nomor tidak aktif.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengungkapkan IMB 42 kios di Pasar Arcade Cinderamata diterbitkan atas nama KGPHPA Tedjowulan sejak 2014 silam.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge