0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembayaran Ganti Rugi Pembangunan Waduk Pidekso Segera Cair

Ilustrasi Uang ()

Wonogiri — Hingga kini belum diketahui secara pasti, kapan waktu pembayaran ganti rugi lahan pembangunan Waduk Pidekso Kecamatan Giriwoyo. Namun demikian, pemerintah menyebut jika pembayaran ganti rugi akan segera cair, dimana saat ini masih dalam sejumlah persiapan.

“Kalau bicara kapan waktunya pencairan ya pasti segeralah. Tapi kalau sebelum lebaran belum bisa, karena kita masih dalam persiapan. Proses pencairan itu sendiri prosedurnya melalui hasil musyawarah beberapa pihak termasuk warga terdampak. Nah, kemudian sebelum bulan ini baru akan dilakukan musyawarah, jadi tahapannya masih panjang,” kata Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Partanahan Nasional (ATR/BPN) Wonogiri, Cahyono, Rabu (14/6).

Sejauh ini pihaknya sudah menerima hasil kajian dari tim penaksir independen (appraisal). Mulai dari nilai ganti rugi hingga data para calon penerima ganti rugi.

“Yang jelas kami ingin semua enak, lancar dan transparan,” kata dia.

Menurut Cahyono, ada sekitar 1.600 kepala keluarga (KK) korban pembangunan waduk yang terdiri dari tiga desa di dua kecamatan. Yakni Desa Tukulrejo dan Pidekso Kecamatan Giriwoyo serta Desa Sendangsari Kecamatan Batuwarno.

Sedangkan area lahan yang akan dibangun waduk seluas 332 hektar. Pihaknya terus melakukan koordinasi intensif dengan pihak Pemkab Wonogiri yang punya wilayah maupun warga.

“Kami ingin dengan persiapan yang matang ini semua pihak baik BPN, Pemkab serta para warga menerima keputusan ganti rugi dengan senang dan nyaman tanpa menyisakan masalah di kemudian hari,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge