0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ramadan, Permintaan dan Harga Buah Sama-Sama Meningkat

Pedagang Buah (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Sejumlah pedagang buah di Pasar Gede Solo kebanjiran permintaan selama periode Ramadan. Akibat tingginya tingkat konsumsi masyarakat tersebut, harga buah impor mulai terkerek naik.

“Sejak awal Ramadan kemarin permintaannya sudah lumayan. Sehari rata-rata bisa menghabiskan satu karton untuk per jenis buah, padahal sebelumnya hanya setengahnya saja kadang tidak sampai,” ujar salah seorang pedagang buah, Lasmini kepada wartawan,  Rabu (14/6).

Ia memprediksi, permintaan berbagai jenis buah akan terus meningkat seiring dengan mendekati lebaran. Bahkan seiring dengan melonjaknya permintaan itu, menurutnya tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi harga jual.

“Kalau permintaan ramai wajar kalau harga naik. Sekarang ini saja untuk berbagai buah impor sudah cukup banyak yang naik,” jelasnya.

Berbagai buah impor yang sudah mengalami perubahan harga itu antara lain, apel fuji dari sebelumnya Rp 25 Ribu sekarang menjadi Rp 30 Ribu per kilogram. Anggur dari sebelumnya Rp50 Ribu sekarang naik menjadi Rp 60 Ribu per kilogram. Apel Merah dari Rp 35 Ribu perkilogram naik menjadi Rp 40 Ribu per kilogram.

Sementara itu pedagang lainnya, Yatmi mengaku permintaan masih cenderung stabil jika dibanding tahun lalu. Kendati demikian,  pihaknya optimis seiring dengan mendekati periode Lebaran permintaan akan mengalami lonjakan.

“Biasanya buah meja yang banyak diburu. Seperti anggur, pisang, klengkeng dan salak,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge