0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serangan Belalang Kembara Masuki Wilayah Kota Waingapu

Hama belalang kembara di NTT (merdeka.com)

Timlo.net — Serbuan belalang kembara membuat warga Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, resah. Dua kecamatan yakni Kambaniru dan Mauhau menjadi daerah terbanyak populasi serangga ini. Kepala Dinas Pertanian NTT Yoahanis Tay Ruba mengatakan, untuk pendataan sementara sebanyak dua hektare tanaman petani diserang serangga tersebut.

“Data sementara yang diterima dari Tim Pokja, ada dua hektare sawah. Belalang banyak hinggap di tumbuhan tapi lebih banyak di kelapa, bambu dan pohon-pohon besar lainnya,” kata Tay Ruba, Selasa (13/6) malam.

Menurutnya, untuk penyemprotan pestisida hanya dilakukan malam hari, lantaran siang hari belalang kembara masih berkelompok dan terus berterbangan.

“Tim akan bekerja sekitar pukul 01.00-02.00 WITA, karena saat itu belalangnya bisa menghinggap. Kami berusaha agar tidak meluas,” ujarnya.

Yohanis menambahkan, kejadian serupa pernah terjadi tahun 2007. Waktu itu ribuan belalang menyerang di area padang sabana, tidak seperti tahun ini yang beterbangan hingga memasuki wilayah Kota Waingapu.

“Ini karena pemangsa atau predator mereka seperti burung terus diburu oleh orang, jadi populasi belalang semakin hari semakin meningkat. Padang sabana juga sering dibakar jadi habitat mereka diganggu dan mereka akan mencari tempat baru,” jelasnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge