0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serangan Wereng Mengganas, Petani Ketar-Ketir

Penyemprotan pestisida di sawah terpapar wereng di Jaten (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Serangan wereng batang cokelat (WBC) terdeteksi di 1.600 hektare sawah yang tersebar di 17 kecamatan. Luasan terbanyak di Mojogedang, Kebakkramat, Colomadu dan Jaten.

“Kategorinya bukan lagi terpapar, tapi sudah serangan. Sampai sekarang belum ada laporan puso, namun perlu dilakukan gerakan antisipasi segera,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar, Supramnaryo kepada Timlo.net, Selasa (13/6).

Serangan di 1.600 hektare diprediksi bisa semakin luas jika tak diantisipasi sekarang. Caranya melalui penyemprotan dan pengendalian dengan agen hayati. Ditanya efeknya bagi stabilitas pangan Karanganyar, Supramnaryo mengatakan, ancaman puso di 1.600 hektare sawah itu tak signifikan. Pada tahun ini, luasan tanam mencapai 50 ribu hektere lebih.

Camat Jaten Aji Pratama Heru menyampaikan, serangan wereng di sawah delapan desa mencapai 267 hektare. Saat ini petani ketar-ketir. 

“Semua desa di Jaten terserang wereng. Semoga masih bisa mengejar panen. Dalam kurun waktu dua pekan terakhir ini sudah dua kali penyemprotan massal. Sejauh ini masih terus diamati. Jangan sampai Lebaran malah tangisan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge