0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-Gara Ujian Masuk Universitas, Siswa Ini Bunuh Diri

Pemuda bunuh diri gara-gara ujian. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Seorang pelajar di Cina dikabarkan mengalami stres berat dan memilih bunuh diri daripada ikut ujian masuk universitas yang disebut gaokao. Siswa itu rupanya pernah harus mengulang SMA supaya bisa meraih skor tinggi saat ujian. Dia bunuh diri dengan melompat dari sebuah bangunan, Rabu minggu lalu. Saat itu adalah hari pertama ujian itu. Siswa dilaporkan berusia 21 atau 22 tahun.

Bagi banyak anak muda Cina, ujian masuk universitas tahunan itu merupakan momok menakutkan. Tapi ujian itu juga memegang peranan besar dalam menentukan masa depan mereka. Hal ini karena ujian itu adalah satu-satunya jalan supaya diterima masuk sebuah universitas di Cina. Minggu lalu, diperkirakan 10 juta siswa Cina dijadwalkan mengikuti ujian itu.

Sayangnya, tragedi ini menandai hari pertama ujian saat pemuda dari Kota Chaoyang, Provinsi Liaoning itu memutuskan bunuh diri. Menurut orang tua sang pemuda, dia mengalami tekanan yang berat di malam sebelum ujian.

Para siswa di Cina menjalani persiapan ujian selama berbulan-bulan. Hal ini membuat banyak siswa yang mengalami tekanan yang ekstrim. Beberapa di antaranya tidak bisa menanggung tekanan itu. Sosial media di Cina menjadi ramai begitu berita tentang pemuda yang bunuh diri itu beredar. Para warganet di Cina berdikusi tentang ujian masuk universitas itu. Beberapa orang mengungkapkan kesedihan mereka karena tragedi seperti ini kerap terjadi tahun demi tahun.

“Para orang tua, berhentilah memberikan tekanan berat pada anak-anak yang mengambil tes gaokao, berita seperti terus terjadi setiap tahunnya,” tulis seorang netizen.

“Entah kalian melakukannya dengan baik atau tidak, keluarga kalian tetap menunggu kalian pulang ke rumah dan makan malam,” tulis pengguna lainnya.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge