0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Kios di Pelataran Parkir Pasar Klewer, Ini Tanggapan Pemkot

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Solo, Subagyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo mengaku tidak membangun kios di pelataran parkir Pasar Klewer. Kios tersebut disebut-sebut sebagai inisiatif pedagang yang beroperasi di pasar tersebut namun belum memiliki kios.

“Termasuk pedagang yang selama ini berjualan di mobil,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/6).

Menurut Subagyo, pembangunan kios tersebut sudah melalui prosedur panjang. Seluruh persyaratan pembangunan, kata dia, sudah terpenuhi. Setelah pembangunan selesai, kios-kios tersebut akan diserahkan ke Pemkot Solo untuk dikelola.

“Itu prosesnya sudah lama. Sudah ada izin dari Sinuhun Pakubuwana XIII dan BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Tengah. Pak Wali (Walikota Solo) juga sudah mengizinkan. Nanti kalau sudah selesai akan diserahkan ke Pemkot,” kata dia.

Hal senada disampaikan Lurah Pasar Arcade Cinderamata, Atika. Namun pihaknya masih menanti penyerahan dari para pedagang. Pembangunan kios-kios tersebut di luar kewenangannya sebagai lurah pasar.

“Nanti kalau sudah selesai dibangun baru kita yang mengelola. Tapi selama proses pembangunan, kita tidak tahu apa-apa,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, 42 kios dibangun di Pelataran Pasar Cinderamata, barat Alun-alun Utara Keraton Surakarta. Dari beberapa pedagang yang ditemui Timlo.net di pasar tersebut, tak satupun mengetahui penanggung jawab pembangunan kios tersebut.

“Tidak ada yang tahu. Kita tidak pernah diajak rembugan,” kata salah satu pedagang yang mengaku bernama Sherly.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge