0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bawang Putih Cutting Tembus Rp 72 Ribu/Kg

Pedagang bawang di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Harga komoditas bawang putih jenis cutting dari Tiongkok mulai langka di pasaran. Akibatnya, harga kembali terkerek naik sehingga  menyebabkan daya beli masyarakat turun.

“Sudah beberapa hari ini cutting Tiongkok barang kosong. Dan kalau pun ada barang, pelanggan juga sedikit yang ambil karena harganya yang cukup tinggi,” ujar salah seorang pedagang bawang di Solo, Sri Rahayu kepada wartawan,Senin (12/6).

Karena langkanya barang tersebut, ia mengaku untuk harga bawang putih jenis cutting yang berasal dari Tiongkok sekarang sudah tembus diangka Rp 70 ribu perkilogram. Jenis bawang putih tersebut cenderung mahal dibanding yang lain karena kualitasnya lebih baik.

“Kalau untuk bawang putih jenis cutting dari Korea harganya lebih murah yaitu Rp 45 ribu perkilogram. Sedangkan jenis sinco atau honam justru turun diangka Rp20 ribu perkilogram. Namun jika dibanding yang dari Tiongkok tentu kualitasnya beda,” jelasnya.

Sementara itu kondisi yang sama juga dirasakan pedagang lainnya. Salah seorang pedagang, Suwarno mengaku untuk harga komoditas bawang putih jenis cutting dari Tiongkok sekarang ini cukup langka. Sehingga menyebabkan harga ditingkat pengecer menembus angka Rp 72 ribu perkilogram.

“Banyak pedagang yang tidak kebagian pasokan,karena memang minim. Sehingga wajar jika mahal,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge