0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Layanan E-Ticketing Terminal Tirtonadi Masih Sepi, Ini Penyebabnya

Suasana loket e-ticketing di Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —  Menjelang arus mudik Lebaran 2017, layanan e-ticketing di Terminal tipe A Tirtonadi Kota Solo masih sepi pemesanan. Layanan yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada akhir 2016 lalu itu baru melayani 5 orang pemesan, sejak awal Puasa untuk keberangkatan sepekan menjelang Lebaran.

“Permintaan tiket sejak awal Puasa sampai sekarang masih sepi. Ini baru ada pemesanan lima e-ticketing untuk keberangkatan H-7 Lebaran,” kata salah satu petugas tiket loket setempat, Bangkit Eka, Senin (12/6).

Dikatakan, sejak diluncurkan, pengguna layanan e-ticketing di Terminal Tirtonadi Solo  ini memang masih sedikit. Dirinya menduga hal ini disebabkan layanan ini hanya bisa diakses dengan single loket, dan belum menggunakan layanan aplikasi.

Senada dengan Bangkit, Pembantu Koordinator Terminal Tirtonadi Joko Sutriyanto mengatakan, pelayanan e-ticketing masih sepi. Dirinya menambahkan bahwa sistem pemesanan berupa single ticketing. Jadi calon penumpang harus datang dulu ke loket pemesanan.

“Bisa saja dikembangkan menjadi aplikasi. Karena mungkin ini masih baru proyek percontohan, jadi masih sepi. Di Indonesia baru ada dua loket e-ticketing yakni di Terminal Tirtonadi dan Pulogebang- Jakarta Timur,” katanya.

Berdasarkan data, sebanyak 18 PO siap melayani pemesanan e-ticketing di Terminal Tirtonadi. Meliputi, PO ALS, Puspa Jaya, Safari Lux, Eka, Sugeng Rahayu, Family Raya, Riyan, Restu Mulia, Harta Sanjaya, Kramat Djati, Laju Prima, Harum Prima, Sindoro, Harapan Jaya, SAN, Agra Mas, dan Tunggal Daya.

Beberapa kelebihan dari sistem ini adalah penumpang bisa memilih operator bus, waktu keberangkatan, serta tempat duduk yang diinginkannya. Selain itu, harga tiket lebih transparan, karena terpampang di layar pelayanan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge