0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petugas Bandara Makassar Temukan Pengiriman Paket Ratusan Detonator

Ilustrasi bom (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Lima paket berisi 500 detonator kembali ditemukan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Minggu (11/6), pukul 09.35 Wita. Paket itu rencananya akan dikirim ke daerah Pontianak, Kalimantan Barat, namun berhasil digagalkan setelah terdeteksi X-Ray yang diawali oleh kecurigaan petugas sekuriti terhadap paket yang dalam keterangan Pemberitahuan Tentang Isi (PTI) menyebutkan isi paket itu adalah dokumen.

“Paket detonator atau alat pemicu ledakan itu dibungkus dengan kue. Temuan detonator ini adalah kedua kalinya karena di pertengahan Januari 2017 lalu juga ditemukan hal serupa yang tujuannya juga ke Pontianak, Kalimantan Barat,” kata Kepala Satuan Reskrim Polres Maros, AKP Juftri Natsir saat dikonfirmasi, Minggu siang, (11/6).

Awal terbongkarnya kasus ini yaitu saat petugas dari PT JNE, salah satu biro jasa pengiriman barang memasukkan paket itu dan melalui beberapa kali tahapan pemeriksaan. Terakhir, terbongkar saat paket tersebut melintasi X-Ray sehingga penyelundupan ini berhasil terbongkar.

“Subuh tadi petugas di bandara mengamankan paket itu ke area steril untuk pendataan lebih lanjut. Tertera nama pengirim pada paket itu yakni H Jamaluddin, warga Kabupaten Gowa. Dan penerimanya adalah Haji Raji beralamat Jl MT Haryona Gang cendrawasih No 20B Rt 01 Rw 01 Katapang, Kalimantan Barat,” tutur Jufri Narsir.

Kasat Reskrim Polres Maros ini mengatakan, pihaknya belum tahu persis apa tujuan pengiriman detonator ke wilayah Kalimantan itu, apakah untuk dimanfaatkan kegiatan-kegiatan teror atau untuk bom ikan. Yang jelas ini sudah kedua kalinya terjadi di bandara.

“Kita masih melakukan penyelidikan,” kata AKP Jufri Narsir.

[idr]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge