0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Ingin Kembangkan Cortana Supaya Seperti Google Assistant

Cortana. (Dok: Timlo.net/ Arstechnica. )

Timlo.net—Perusahaan-perusahaan teknologi di dunia mulai berlomba-lomba mengeluarkan asisten suara digital mereka. Tapi masing-masing asisten ini berfungsi dengan berbagai cara berbeda. Misalnya, Google Assistant bisa digunakan dengan suara dan teks. Oleh karena itu para pengguna bisa berbicara kepada Google Assistant dengan mengetik perintah mereka.

Rupanya fitur mirip chat ini dianggap sebagai ide bagus untuk Microsoft. Menurut pemberitaan Windows Central, Microsoft mencoba membuat Cortana memiliki fitur ini. Mereka memperkenalkan chatbot conversational user-interface (UI).

Jika hal ini benar, para pengguna di masa mendatang bisa berkomunikasi kepada Cortana seperti halnya saat mereka chat dengan orang asli. Respon serupa akan ditunjukkan Cortana saat pengguna menggunakan perintah suara.

Dengan chatbot ini pengguna bisa berkomunikasi lewat suara dan teks dan bertanya pada Cortana tentang cuaca, tiket pesawat, pemesanan tempat di restoran dan lain-lain. Fitur serupa rupanya diperkenalkan Apple untuk Siri di iOS 11. Fitur ini berguna dalam situasi di mana Anda tidak ingin menggunakan suara Anda.

Atau seperti halnya dengan Google Assistant, yang terintegrasi dengan OS (operating system) dan cukup cerdas untuk mengetahui apa yang coba Anda lakukan. Misalnya bila Anda sedang membuka situs sebuah restoran, Google Assistant akan menawarkan bantuan untuk memesan tempat di sana.

Sayangnya tidak dijelaskan kapan fitur ini akan tersedia di Cortana. Akan tetapi jika Anda suka fitur ini, mungkin ada baiknya Anda mengikuti perkembangannya.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge