0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Kebutuhan Beras Gakin Tercukupi

Stok beras sejahtera (Rastra) di gudang Bulog Ngadirojo, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Jatah beras sejahtera (Rastra) di Wonogiri untuk bulan Mei dan Juni dipastikan akan tersalurkan sebelum Lebaran. Hal itu supaya kebutuhan beras untuk keluarga miskin (Gakin) menjelang Lebaran dapat tercukupi.
“Rastra jatah Mei sudah disalurkan enam tahap sesuai pembagian kecamatan sejak 5 Juni lalu. Sedangkan jatah Juni akan disalurkan lima tahap berdasar pembagian kecamatan,” beber
Kasubag Bina Produksi Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Bambang Triyanto, Jumat (9/6).
Menurut dia, Rastra untuk Jatisrono, Sidoharjo, Puhpelem, Girimarto, dan Baturetno akan disalurkan Rabu (14/6). Sedang alokasi Pracimantoro, Bulukerto, Nguntoronadi, Giritontro, dan Ngadirojo akan disalurkan Kamis (15/6). Sedangkan Jatipurno, Purwantoro, Jatiroto, Tirtomoyo, dan Selogiri akan dibagi Senin (19/6). Selanjutnya, Wuryantoro, Wonogiri, Eromoko, Slogohimo, dan Paranggupito disalurkan Selasa (20/6).
“Tahap terakhir disalurkan ke Kismantoro, Manyaran, Karangtengah, Giriwoyo, dan Baturetno dilakukan Rabu (21/6). Jumlah penerima rastra tercatat 74.740 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total beras mencapai 1.121.100 kilogram perbulan,” katanya.
Kepala Dinsos Wonogiri Suwartono mengatakan, tahun ini jumlah KPM di Wonogiri bertambah cukup banyak. Kondisi itu terjadi setelah data KPM lama, yakni sebanyak 70.569 keluarga, diverifikasi dan divalidasi berdasar musyawarah desa/kelurahan. Hasil verifikasi dan validasi dari Pemkab dan BPS disinkronisasi dituangkan dalam basis data terpadu (BDT) menjadi 74.740 KPM.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge