0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Arus Mudik Lebaran, Sopir Bus Jalani Tes Kesehatan

Sejumlah sopir bus di Terminal Tirtonadi jalani tes kesehatan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir dan awak angkutan di Terminal Tortonadi Solo, Kamis (8/6). Pemeriksaan ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi keamanan bagi penumpang yang hendak melakukan mudik Lebaran 2017 melalui Terminal Tirtonadi.

Kepala DKK Solo, dr Siti Wahyuningsih mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara acak dan berkala terhada awak angkutan. Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan kadar alkohol.

“Kita pastikan pengemudi dan kru memiliki kesehatan yang baik, sebab ini merupakan jaminan keselamatan bagi calon penumpang,” terang wanita yang akrab disapa Bu Ning tersebut.

Dikatakan dirinya menargetkan 50 orang sopir dan kru setiap hari dalam pemeriksaan tersebut. “Namun akhirnya ya lebih,” kata dia.

Ditambahkan, dalam pemeriksaan tersebut belum ada pihak Perusahaan Otobus yang terindikasi sakit. Namun dirinya tetap akan melakukan pengawasan dan pantauan untuk bisa menjaga sopir dalam kondisi prima saat mengemudi.

“Kalau misalnya tekanan darahnya tinggi atau rendah, kita minta untuk istirahat dulu. Biasanya ini dipengaruhi karena pola tidur. Kalau gula darah tinggi, kita minta untuk menghentikan aktivitasnya, sebab ini juga berbahaya,” katanya.

Dalam pemeriksaan tersebut selain DKK, Sat Narkoba Polresta Solo juga menggelar operasi yang sama. Operasi ini menyasar awak bus yang menggunakan Narkoba.

“Sejauh ini belum ada kita temukan kru bus yang terindikasi menggunakan Narkoba,” kata Kasat Narkoba Kompol Ari Sumarwono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge