0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Fraksi PKS Protes Fahri Hamzah Pimpin Rapat Paripurna

Sidang DPR (merdeka.com)

Timlo.net – Fraksi PKS keberatan rapat paripurna DPR dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap keterangan pemerintah mengenai ekonomi makro dan kebijakan fiskal APBN 2018 dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. PKS menilai masih memiliki masalah dengan Fahri di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Proses hukum gugatan Fahri yang tidak terima dipecat oleh DPP PKS di PTUN Jakarta belum selesai.

Anggota Fraksi PKS Sigit Sosiantomo mewakili anggota-anggota fraksi PKS merasa keberatan dipimpin oleh Fahri di DPR. Sikap ini ditunjukkan dengan keluarnya sebagian besar anggota Fraksi PKS meski rapat masih berjalan.

Terlihat, pimpinan dan anggota fraksi PKS yang keluar ruangan di antaranya Ketua Fraksi Jazuli Juwaini, Sekretaris Sukamta, mantan Ketua MKD Surahman Hidayat dan anggota Komisi II Sutriyono.

“Kami menganggap proses ini masih belum selesai. Oleh karena itu kami menganggap Pak Fahri duduk sebagai pimpinan rapat saat ini sebagai fraksi PKS. Saya sebagai anggota fraksi PKS merasa keberatan dipimpin oleh Pak Fahri,” kata Sigit di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/5).

Sigit menegaskan Fahri tidak lagi mewakili Fraksi PKS sehingga jabatannya sebagai pimpinan DPR tidak memiliki legitimasi. Dia mengaku akan selalu absen di rapat paripurna jika masih dipimpin oleh Fahri Hamzah.

“Saya sebagai pribadi mungkin tidak bisa terus melihat ada ambiguitas di pimpinan, saya secara pribadi akan memutuskan bahwa saya akan selalu tidak hadir apabila dipimpin Fahri Hamzah, karena Fahri Hamzah sudah tidak legitimate karena sudah tidak lagi mewakili PKS,” tegasnya.

Suasana ruang rapat pun sedikit gaduh. Para anggota DPR yang hadir meminta pimpinan sidang meneruskan agenda acara dan mengabaikan protes dari Sigit. Dia meminta pimpinan DPR lain segera mengganti Fahri sebagai pimpinan rapat paripurna.

“Jadi saya minta kepada pimpinan agar segera memproses pergantian Fahri dan saya akan walk out setiap kali dipimpin Fahri. Ini penting karena legitimasi lembaga yang dipimpin, apa yang diputuskan disini jadi tidak legitimate. Kalau tidak ada tindak lanjut, saya siap keluar ruangan walk out agar jadi perhatian pimpinan,” ujar Sigit.

Menanggapi protes PKS, Fahri menyatakan siap memberikan penjelasan terkait proses hukum gugatannya itu. Dia meminta izin untuk kembali melanjutkan agenda acara rapat.

“Saya kira kita lanjutkan dulu kepada pembacaan sikap fraksi masing-masing, terkait soal hukum yang sudah selesai kalau diperlukan penjelasan saya sendiri bisa diundang untuk menjelaskan posisi hukum dari peristiwa-peristiwa saya ini,” jelas Fahri Hamzah.

[msh]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge