0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cina Buat Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang Mengapung

Pembangkit listrik tenaga surya mengapung di Cina. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Sudah bukan rahasia lagi jika Cina menduduki posisi atas dalam daftar negara yang mengalami polusi yang disebabkan oleh industrialisasi yang cepat. Pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil diperlukan untuk mentenagai pabrik-pabrik itu. Hal ini membuat polusi di Cina bertambah buruk.

Polusi di kota-kota besar di Cina seperti Kota Beijing memasuki tingkat yang berbahaya. Untuk mengatasi polusi, negara itu pelan-pelan mulai menggunakan sumber-sumber listrik yang lebih bersih. Negara itu mulai menggunakan tenaga listrik dari pembangkit listrik tenaga surya yang mengapung. Pembangkit ini diklaim sebagai pembangkit listrik tenaga surya terbesar di bumi.

Pemerintah Cina mengkonfirmasi jika mereka telah menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya mengapung terbesar di dunia. Pembangkit ini dibuat oleh The Sungrow Power Supply Company di atas kota tambang di Provinsi Anhui. Kota itu rupanya digenangi air sebelumnya. Pembangkit ini menghasilkan daya listrik 40 megawatt.

Pabrik itu dianggap bermanfaat untuk wilayah itu karena bisa mendinginkan permukaan kota. Cina bertujuan untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar non fosil hingga 20 persen. Mereka juga ingin menjadi pemimpin global dalam hal pemakaian energi yang bisa diperbarui.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge