0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Punya Jamban, Ribuan Warga BAB Sembarangan

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya (dok.timlo.net/red)

Sukoharjo — Kecamatan Weru menjadi satu-satunya daerah yang terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dari 12 kecamatan di Sukoharjo. Data Dinas Kesehatan menyebutkan, ada 22 ribu warga Sukoharjo belum punya jamban dan 7.850 warga masih melakukan BABS.

“Dengan dibangunnya gedung dinas saya harapkan pelayanan kesehatan di masyarakat juga ikut ditingkatkan menjadi lebih baik. Terutama mewujudkan Sukoharjo bebas BABS tahun 2018 harus direalisaikan bagaimana caranya,” kata Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Sabtu (27/5).

Program jambanisasi menjadi salah satu program prioritas dalam meningkatkan kehidupan masyarakat Sukoharjo yang lebih bersih dan sehat. Dan pelaksanaan program ini juga dibantu oleh pihak TNI dari Kodim 0726 dalam TMMD di Weru, belum lama ini.

Sementara itu, Kasi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Bambang menyatakan, hingga akhir tahun 2016 ada 3,25 persen warga Sukoharjo belum terbebas BABS. Selama ini karena tidak memiliki jamban, mereka BAB di sungai di sekitar rumah.

“Weru menjadi kecamatan yang sudah terbebas BABS dari 12 kecamatan di Sukoharjo, data kami menunjukkan ada 7.850 orang warga masih suka BABS. Ini menjadi perhatian dan target sasaran kami, karena perilak hidup bersih dan sehat sangat penting,” tandas Bambang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge