0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Partai Politik di Taiwan Pilih Model Seksi Sebagai Wakil, Alasannya?

Akina Li Tzu-yu. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Seorang model terkenal Taiwan dipilih menjadi wakil dari sebuah partai politik besar di Republic of China (ROC). Dipilihnya model cantik itu rupanya untuk menggaet anak-anak muda supaya mendukung partai itu. Partai Kuomintang (KMT) itu rupanya mengalami penurunan popularitas dan dukungan selama beberapa tahun terakhir.

KMT merupakan partai terbesar kedua di Taiwan. Untuk meraih kembali kepopuleran mereka, partai ini memakai model Akina Li Tzu-yu yang berusia 28 tahun. Akina menjadi wakil partai itu di kota Hsinchu di Taiwan selatan.

Menurut pemberitaan Shanghaiist, Akina dianggap memiliki kecantikan yang bisa disejajarkan dengan Fan Bingbing dan Ivy Chen. Dia adalah cucu dari kepala partai KMT Hung Hsiu-chu, yang mengundurkan diri.

Strategi ini dikatakan untuk meraih anak-anak muda. Dengan follower lebih dari 100 ribu di Facebook, Akina dianggap memiliki modal untuk menggerakkan massa. Dalam beberapa tahun belakangan ini, dukungan anak-anak muda Taiwan pindah ke the Democratic Progress Party (DPP). Pindahnya dukungan ini salah satunya dikarenakan usaha KMT untuk membentuk ikatan yang lebih kuat dengan Beijing. Rupanya usaha ini tidak diterima masyarakat dengan baik.

Tahun lalu, KMT mengalami kekalahan telak setelah kehilangan kursi kepresidenan dan parlemen. Hal ini membuat partai itu merasa perlu membuat beberapa gebrakan. Apakah cara ini akan berhasil?

Akina sendiri menulis di Facebook, “DPO tidak memiliki monopoli dalam hal kecintaan terhadap Taiwan, jika orang yang lahir dan dibesarkan sebagai orang Taiwan, tidakkah mereka semua mencintai Taiwan? Saya kira ketidakseimbangan dalam partai bukanlah berkat untuk orang Taiwan, KMT perlu lebih banyak orang muda untuk maju. Penduduk Taiwan ingin stabilitas.”

Mantan wakil presiden Taiwan dan ketua baru partai KMT Wu Den-yih mengungkapkan rasa antusiasmenya untuk membangun kembali partai. Dia mengatakan partainya butuh dukungan generasi yang lebih muda.

Presiden Cina Xi Jinping mengungkapkan dukungannya terhadap Wu dalam sebuah surat. Dia berharap jika KMT akan terus menentang kemerdekaan Taiwan dan mengikuti Konsesus tahun 1992 yang mendukung kesatuan dengan Cina.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge