0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

Kuasa hukum enam tersangka diksar maut Achiel Suyanto (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tim kuasa hukum terdakwa kasus diksar maut mapala UII Yogjakarta mengajukan nota keberatan atau eksepsi terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dakwaan itu dianggap tak menjelaskan sebab dan akibat tindakan kekerasan terhadap tiga korban tewas. Selain itu, isi dakwaan dinilai kurang beretika.

“Siapapun yang mendengar dakwaan seperti itu pasti menganggap kalimatnya terlalu sadis. Sejak tadi dibacakan seperti itu, namun apakah ada korelasinya visum dengan kematian korban? Tidak ada,” kata Achiel Suyanto, ketua tim penasihat hukum terdakwa Angga Septiawan dan M Wahyudi kepada wartawan usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Rabu (24/5).

Dalam 48 lembar surat dakwaan dibacakan urutan kegiatan diksar berikut perbuatan kekerasan menimpa tiga korban dan para peserta diksar lainnya. Namun Achiel menganggap hal itu justru kurang fokus karena melebar kemana-mana. Banyak sosok selain dua terdakwa ikut menganiaya tiga korban tewas. Sebaliknya, dakwaan itu menceritakan pula dua terdakwa melakukan kekerasan ke korban selain Muhammad Fadli, Syaits Asyam dan Ilham Nurfadmi Listia Adi.

“Kami mengajukan nota keberatan atas dakwaan JPU,” terangnya.

Oleh majelis hakim, kuasa hukum diberi kesempatan mengumpulkan materi keberatan selama sepekan hingga dibacakan nota tersebut pada sidang lanjutan pada Rabu (31/5).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge