0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kemendikbud Distribusikan 1.857 KIP ke Pelajar dan Yatim Piatu

Menteri Puan Maharani serahkan KIP kepada para pelajar di Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendistribusikan sebanyak 1.857 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Solo, Jumat (26/5). KIP tersebut secara simbolik diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat acara Peluncuran Program Revitalisasi SMK dan Penyerahan KIP.

“Selain didistribusikan kepada pelajar, KIP ini juga diberikan kepada anak-anak yatim piatu di panti asuhan, serta warga peserta Program Pendidikan Kesetaraan,” ungkap Muhadjir.

Menurut Mendikbud, ke 1.857 penerima KIP di Kota Solo terdiri atas siswa SD sebanyak 331 orang, siswa SMP sebanyak 283 orang, siswa SMA sebanyak 257 orang, siswa SMK sebanyak 610 orang, anak-anak panti asuhan sebanyak 12 orang, serta warga belajar di sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 364 orang.

Pada kesempatan itu, Puan mengatakan, KIP diberikan kepada anak-anak, termasuk anak-anak panti asuhan dan peserta Program Pendidikan Kesetaraan, baik Kejar Paket A, Kejar Paket B, maupun Kejar Paket C. Harapannya mereka bisa melanjutkan pendidikan. Untuk siswa SD, masing-masing akan mendapatkan uang senilai Rp450.000 per tahun, siswa SMP mendapatkan uang senilai Rp750.000 per tahun, dan siswa SMA/SMK mendapatkan uang senilai Rp1 juta.

Puan meminta, uang yang diterima penerima KIP agar dimanfaatkan untuk kebutuhan terkait pendidikan mereka dan bukan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan sekolah. Pengawasan terkait tanggung jawab bukan hanya pada orang tuanya, tetapi juga guru-guru di sekolahnya.

“Kalau sampai ketahuan pemanfaatan KIP tidak sesuai peruntukannya, maka KIP bisa dicabut, tidak akan diberikan lagi, kemudian diberikan ke siswa lainnya yang memang benar-benar membutuhkan,” ujarnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge