0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Robot Polisi Pertama di Dunia Akan Dipakai di Kota Dubai

Robocop. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Robot polisi pertama di dunia dipamerkan di Dubai sebagai bagian dari satuan polisi robot di Uni Emirat Arab. Robot polisi yang disebut Robocop ini akan mulai bekerja Minggu (28/5). Dengan tinggi 165 cm dan berat 100 kg, robot ini bisa bicara dalam enam bahasa dan didesain untuk membaca ekspresi wajah manusia. Robot ini sendiri dipamerkan selama tiga hari di ajang Gulf Information Security Expo and Conference.

Tapi saat ajang ini ditutup hari ini, robot itu akan dirilis ke dunia yang lebih luas dan menangani masalah-masalah dalam dunia nyata. Robot ini memiliki tablet di dalamnya. Dengan tablet itu masyarakat bisa membayar denda atau melaporkan kejahatan. Selain itu, mereka bisa mengirim dan menerima pesan dari markas polisi.

Brigadir Jenderal Khalid Nasser Al Razzouqi, Jenderal Kepala Smart Services Kepolisian Dubai berkata: “Peluncuran Robocop pertama di dunia yang bisa beroperasional ini merupakan sebuah pencapaian yang signifikan untuk Emirat dan sebuah langkah maju untuk mewujudkan visi Dubai sebagai pemimpin global dalam adopsi teknologi kota pintar.”

“Dengan tujuan mendampingi dan menolong orang-orang di mal-mal atau di jalanan, Robocop adalah tambahan cerdas terkini untuk kesatuan dan didesain untuk menolong kami melawan kejahatan, menjaga kota tetap aman dan memperbaiki tingkat kebahagiaan,” tambahnya.

“Dia bisa berbincang-bincang dan berinteraksi, merespon pertanyaan-pertanyaan masyarakat, berjabat tangan dan melakukan hormat militer,” terang Khalid.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge