0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cetak Uang Sendiri, Bambang Diamankan Polisi

Pelaku penipuang penggandaan uang di Bali (merdeka.com)

Timlo.net — Bambang (34), warga Dusun Kopian, Desa Tunggak Cerme, Kecamatan Wonomerto, Probolinggo, Jawa Timur terpaksa berurusan dengan jajaran Sat Reskrim Polres Jembrana.

Tersangka kesehariannya sebagai buruh bangunan ini tidak hanya piawai mencetak bangunan rumah. Dia juga piawai dalam mencetak uang. Tapi ini uang palsu. Cara ini dilakukan untuk aksi tipu-tipu dengan modus penggandaan uang.

Saat diamankan sedikitnya ada 399 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu bergambar Soekarno-Hata berhasil diamankan petugas dari tangan pelaku.

Pelaku diamankan di tempat kosnya yang berlokasi di Dusun Air Anakan, Desa Banyubiru, kota Negara di Jembrana.

“Penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat yang mengaku ada orang mencurigakan yang diduga melakukan praktik menggandakan uang, terang Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Yusak A Sooai, Selasa (23/5).

Dari informasi tersebut lanjut Yusak, penyelidikan dilakukan dan berhasil menangkap pelaku berikut barang bukti yang ternyata praktik penggandaan uang itu tidak ada.

“Pelaku mencetak uang palsu sendiri. Itu dilakukan di tempat asal pelaku,” tambahnya.

Dari pemeriksaan terhadap pelaku lanjut Yusak, dia mencetak uang palsu di Banyuwangi dan rencananya akan ditukar dengan uang asli di Bank gaib secara ritual khusus.

“Bahkan ada seorang warga yang telah menjadi korban karena telah menyerahkan uang Rp 800 Ribu untuk membeli sarana ritual,” imbuh Yusak.

Saat ini pelaku dan barang bukti sebanyak 399 lebar uang palsu pecahan Rp 100 ribu telah diamankan di Mapolres Jembrana untuk proses lebih lanjut.

“Pelaku kami jerat dengan pasal 26 ayat (2), dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan pidana denda Rp 10 miliar, yunto pasal 26 ayat (3), dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun atau denda Rp 50 milyar,” terang Yusak.

[ang]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge