0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bila Ditahan, Enam Tersangka Harus Kuat Mental

Kuasa hukum enam tersangka diksar maut Achiel Suyanto (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kuasa hukum enam tersangka, Achiel Suyanto mempersiapkan mental para kliennya jika mengalami kemungkinan terburuk. Termasuk ditahan selama proses pemeriksaan.

“Siapkan mental adik-adik (jika nantinya ditahan). Bawa pakaian ganti ketika dipanggil polisi, karena bisa saja diteruskan penahanan,” ujar Achiel kepada wartawan di Mapolres Karanganyar, Senin (22/5).

Sarannya itu terbukti. Dua kliennya berinisial TAR dan HS resmi ditahan usai dijemput paksa di Yogjakarta pada Minggu (21/5). Ia menyebut penahanan maupun penjemputan paksa merupakan hak penyidik yang dihormatinya. Namun ia juga menyiapkan surat permohonan penangguhan penahanan, surat permohonan agar kliennya tidak ditahan dan permohonan penahanan dalam kota.

Ia juga mengatakan, sebenarnya proses penyidikan tidak harus oleh aparat di lokus delikti atau tempat kejadian perkara dalam hal ini Polres Karanganyar. Mengingat para tersangka berasal dari daerah di luar Jawa, maka penyidik di sana seharusnya bisa membantu Polres Karanganyar dalam melakukan pemeriksaan kasus. Sebagaimana diberitakan, enam staf operasional diksar mapala UII Yogyakarta ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan kekerasan yang mengakibatkan 34 peserta terluka dan tiga lainnya meninggal dunia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge