0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab GTK PAUD

Seminar Nasional dan Pertemuan Asosiasi Dosen Pendidikan Guru-PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Indonesia (tyo eka)

Sukoharjo – Implementasi pendidikan karakter merupakan tanggung jawab paling mendasar Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD untuk mempertahankan peradaban dengan menyampaikan nilai-nilai dasar yang berlaku pada masyarakat kita.

“Karakter ditentukan oleh apa yang dilakukan GTK PAUD, bukan apa yang dikatakan atau dipercaya olehnya,”ujar Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ditjen PAUD-Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ella Yulaelawati, MA, PhD saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional dan Pertemuan Asosiasi Dosen Pendidikan Guru-PAUD Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Indonesia, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Pabelan Kartasura, Sukoharjo, Senin (22/5).

Ella mengatakan, karakter yang baik menuntut yang benar apa pun resikonya. Keteladanan GTK PAUD membantu membentuk Anak Usia Dini (AUD) menjadi anak berkarakter.

“Setiap hari anak didorong untuk selalu menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ella mengatakan, pendidikan karakter bukan hanya untuk mendaftar nilai yang akan ditanamkan. Pendidikan karakter menginginkan terjadinya sikap dan perilaku positif dan meminimalkan sikap dan perilaku destruktif secara personal dan sosial.

Sementara itu, Ketua Panitia Junita Dwi Wardhani, M.Ed mengatakan, program studi Pendidikan Guru (PG) PAUD FKIP UMS menggelar Seminar Nasional bertema PAUD Berkualitas : Membangun Karakter dan Kreativitas Berkemajuan di Era Global. Berbarengan dengan penyelenggaraan seminar itu, juga dilaksanakan Pertemuan Asosiasi Dosen PG PAUD PTM Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini berlatar belakang bahwa tujuan pendidikan nasional tidak hanya mencetak anak-anak yang cerdas, tetapi karakter yang baik, mulia dan mandiri serta bertanggung jawab. Selain itu, juga mengembangkan potensi anak, sehingga kreativitas potensi anak bisa muncul.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge