0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Solo Siap Jalankan Kebijakan Mendikbud Terkait Lagu Indonesia Raya

Etty Retnowati ()

Solo — Pemerintah Kota Solo siap menjalankan kebijakan Menteri Pendidikan tentang Lagu Indonesia Raya di sekolah-sekolah. Lagu Kebangsaan itu wajib dinyanyikan lengkap tiga stanza setiap pagi sebelum mulai pelajaran.

“Solo sudah sejak dulu menjalankan. Meski belum semua sekolah tertib melaksanakan itu, kita (Dinas Pendidikan) terus mengingatkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, Ahad (21/5).

Kewajiban menyanyikan lagu kebangsaan setiap hari, kata Etty sudah diterapkan sejak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih dijabat Anies Baswedan. Namun, Anies hanya mewajibkan lagu tersebut dinyanyikan hingga stanza pertama seperti sering dinyanyikan di upacara-upacara.

“Sudah sejak Pak Anies dulu, kita sudah jalankan. Nyanyi lagu Indonesia Raya, dan berdoa. Itu kebijakan lama. Kalau kebijakan baru yang tiga stanza, kami belum menerima suratnya,” kata dia.

Etty merasa hal itu tidak terlalu berat. Pasalnya, untuk menyanyikan lagu tersebut secara lengkap tidak perlu waktu lama. Tak lebih dari lima menit. Hanya saja, Etty mengakui, masih banyak sekolah yang belum tertib melaksanakan.

“Setiap ada kesempatan selalu kita ingatkan. Tapi umumnya sekolah-sekolah yang bagus sudah menjalankan secara rutin,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge