0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mendikbud Wacanakan Indonesia Raya Wajib Dinyanyikan Tiga Stanza

​Mendikbud, Muhadjir Efendi​ (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Lagu Indonesia Raya diusulkan wajib dinyanyikan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran mulai. Kementerian Pendidikan bahkan mengembangkan rencana tersebut dengan mewajibkan murid-murid dan guru menyanyikan Lagu Kebangsaan itu secara lengkap hingga tiga stanza.

“Tidak hanya seminggu sekali saat upacara atau momen tertentu. Nanti kita wajibkan setiap hari,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi saat meninjau perekaman Lagu Indonesia Raya di studio Lokananta, Sabtu (21/5).

Tak cukup dengan mewajibkan stanza pertama, Mendikbud berencana mewajibkan lagu Indonesia Raya dinyanyikan lengkap hingga tiga stanza. Kelengkapan lagu dirasa perlu mengingat tiga bagian tersebut tidak terpisahkan.

“Stanza pertama yang sering kita nyanyikan itu baru prolog saja. Intinya di stanza kedua, yang ketiga epilog. Tidak bisa dipisahkan,” kata dia.

Muhadjir mengaku telah membuat Surat Edaran terkait hal tersebut sejak April lalu. Untuk membantu pelaksanaannya, hasil rekaman lagu Indonesia Raya di Lokananta pekan lalu akan didistribusikan ke seluruh pelosok negeri.

“Biar semua seragam. Ke depan, semua guru harus bisa nyanyi Indonesia Raya dengan benar,” kata dia.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge