0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringatan Harkitnas, Momentum Mengenang Berdirinya NKRI

Kegiatan pelaksanaan Harkitnas di Kawasan Plasa Manahan Solo (foto: istimewa)

Solo – Ribuan peserta mengikuti peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kawasan Plasa Manahan, Sabtu (20/5). Kegiatan yang mengusung Tema “Bangkit Bersatu Untuk NKRI, Solo for Indonesia” ini bertujuan untuk menggelorakan semangat sebagai sebuah bangsa yang besar sekaligus sebagai titik awal terbentuknya NKRI.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsa,” kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono.

foto: istimewa

Perwira bintang dua yang hadir sebagai pembina apel Harkitnas ini mengaku bangga dengan semangat yang dimiliki oleh wong Solo. Ribuan orang mulai dari jajaran Polres dan TNI se Eks-Karesidenan Solo, organisasi masyarakat, tokoh agama dan instansi pemerintahan mengikuti acara tersebut dengan khitmat.

Tak ketinggalan, ikat kepala bendera merah putih disematkan di kepala masing-masing peserta. Usai penyelenggaraan apel, acara dilanjutkan dengan acara long march dari Plaza Manahan menuju kawasan Benteng Vasternburg. Tidak hanya seragam kedinasan, masing-masing Polres juga berkostum pakaian adat dari sabang sampai Marauke.

foto: istimewa

“Dengan kegiatan yang diadakan ini, kita tidak akan mudah lupa bagaimana bangsa ini lahir. Dan, generasi muda saat ini dapat memaknai hari besar nasional dengan hal yang positif,” ungkap Kapolda.

Kapolda berpesan, agar masyarakat Indonesia tidak mudah untuk dipecah belah dengan informasi yang belum tentu sumber dan kejelasannya. Sehingga, mengancam keutuhan NKRI.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge