0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Ajak Peserta Prolanis Budayakan Hidup Sehat

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Solo, Agus Purwono saat menghadiri kegiatan gebyar Prolanis (foto: Setyo)

Solo – Ratusan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang tergabung dalam klub program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis), ikuti acara gebyar Prolanis di Stadion Sriwedari, Sabtu (20/5). Kegiatan yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Solo tersebut bertujuan untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik dan cek kesehatan gratis.

“Prolanis sendiri merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus dan Hipertensi. Program ini dibentuk untuk mendorong mereka agar bisa tetap bersemangat dalam menjaga kesehatan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Solo, Agus Purwono kepada wartawan.

Dirinya menyebut, penderita penyakit kronis Diabetes Melitus dan Hipertensi di Indonesia saat ini cukup tinggi. Hal itu terjadi karena disebabkan oleh dua faktor, yaitu keturunan, dan mengkonsumsi nasi yang berlebihan.

Hingga April 2017, tercatat secara nasional ada sekitar 302.325 peserta Prolanis yang menderita Diabetes Mellitus dan 334.979 peserta Prolanis penderita Hipertensi.

“Sehingga melalui kegiatan Gebyar Prolanis yang dibarengkan dengan perayaan Harkitnas ini, kami ingin mempromosikan betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Karena cukup dengan melakukan senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah sakit,” jelasnya.

Acara Gebyar Prolanis yang digelar secara serentak di indonesia ini dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian kegiatan seperti senam, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis, lomba cerdas cermat antar Klub Prolanis, Best Practice Sharing, serta beragam kegiatan menarik lainnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge