0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Raya Direkam Kembali di Lokananta

Proses perekamanlagu Indonesia raya di lokananta, Sabtu (20/5). (foto: Rosyid)

Solo – Lagu kebangsaan Indonesia Raya direkam kembali di studio Lokananta. Perekaman ditujukan untuk menstandarisasi lagu yang menjadi identitas bansa itu.

Perekaman di lokananta kali ini akan menjadi rujukan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tak hanya itu, rekaman yang akan dilaunching 28 Oktober 2017 itu merupakan rekaman terlengkap yang pernah dilakukan.

“Kami ingin menempatkan kembali lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan. Selama ini banyak versi yang beredar di masyarakat. Nah, kita ingin supaya semua seragam karena lagu ini sebagai salah satu pengikat persatuan bangsa,” kata Kasubdit Seni Media, Direktorat Kesenian, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edi Irawan saat jumpa pers di Lokananta, Sabtu (20/5).

Proses rekaman berlangsung 18-20 Mei. Rekaman berlangsung lancar tanpa halangan berarti. Tak heran, sederet nama besar seperti Purwacaraka sebagai pengarah rekaman, dan Sapta Kusbini sebagai konduktor. Personel orkestra dan paduan suara pun digawangi Gita Bahana Nusantara yang diseleksi Kementerian Pendidikan sejak 2003.

foto: Rosyid

foto: Rosyid

“Jadi ini prosesnya panjang. Tidak hanya baru kemarin,” kata dia.

Pemilihan Lokananta sebagai tempat perekaman pun dilakukan dengan penuh pertimbangan. Dari sisi sejarah, Lokananta merupakan salah satu perusahaan yang mula-mula memperbanyak hasil rekaman pertama tahun 1950.

“Dulu direkam di RRI Jakarta, dan diserahkan ke Lokananta. Dari sisi teknis, Lokananta juga memiliki ruangan yang cukup luas dengan akustik yang memenuhi syarat,” kata Kepala Cabang PNRI Solo Lokananta, Miftah Zubir.

Hal ini diperkuat oleh Purwacaraka, pengarah rekaman. Menurutnya, Lokananta tak hanya memiliki latar sejarah yang kental. Fasilitas rekaman yang dimiliki sangat memenuhi syarat untuk melakukan perekaman.

foto: Rosyid

“Kita hanya nambah sedikit saja. Yang di sini belum ada, kita datangkan dari tempat lain. Kalau dari sisi ruangan, saya kira sangat baik. Tidak banyak studio yang punya ruangan seluas ini dengan fasilitas selengkap Lokananta,” kata dia.

Rencananya, hasil rekaman akan diluncurkan 28 Oktober 2017 sekaligus mengenang pertama kalinya Indonesia Raya dikumandangkan di Kongres Pemuda tahun 1928. Tak hanya hasil rekaman lagu, Kemendikbud juga akan meluncurkan buku sejarah dan website yang berkaitan dengan Lagu Indonesia Raya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge