0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Software AI Ini Bisa Warnai Foto Hitam Putih

Interactive Deep Colorization. (Dok: Timlo.net/ GitHub. )

Timlo.net—Sebelum film berwarna ditemukan, fotografi biasanya hanya berupa foto hitam putih. Hal ini berarti jika kita melihat foto-foto yang diambil pada masa itu, kita kesulitan membayangkan warna dan vibrasi yang ada.

Sekarang ada beberapa usaha untuk mewarnai foto-foto hitam putih. Tapi para peneliti dari the University of California di Berkeley, Amerika Serikat (AS) menemukan cara yang lebih cerdas dan efisien untuk melakukannya. Hal ini berkat adanya software yang ditenagai Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang menolong mewarnai foto hitam putih.

Dikembangkan oleh Richard Zhang dan timnya, software yang disebut interactive deep colorization ini sebenarnya bukanlah software baru. Mereka sempat merilis demo untuk software mereka pada 2016. Akan tetapi pada waktu itu teknologi AI belumlah secerdas sekarang. Walaupun kala itu, AI bisa menolong mewarnai foto, tapi kadang-kadang warnanya salah. Oleh karena itu Richard dan timnya memperbaiki software ini. Dengan software baru ini, para pengguna bisa menambahkan petunjuk yang bisa menolong software memahami warna yang harus digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih realistis.

Fitur petunjuk ini bisa juga digunakan untuk keperluan artistik. Misalnya dengan memberikan warna yang berbeda dari seharusnya. Belum ada informasi kapan fitur itu akan tersedia ke software editing foto. Tapi Richard sudah mengunggah aplikasi buatannya ke GitHub.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge