0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan kepada Peserta

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Solo, Suwilwan Rachmat (kiri) (Istimewa)

Solo – Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Solo gandeng RS Slamet Riyadi untuk menjadi Rumah Sakit Trauma Center (RSTC). RSTC sendiri merupakan sebutan untuk rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang dapat melayani peserta saat mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.

“Apabila ada peserta yang mengalami kecelakaan kerja, kemudian di bawa ke salah satu RSTC, dengan menunjukan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bersangkutan akan langsung mendapatkan pengobatan kelas satu apabila RSTC-nya merupakan RSUD atau Negeri dan kelas dua untuk RS Swasta.” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Solo, Suwilwan Rachmat dalam rilisnya yang dikirim kepada Timlo.net, Jumat (19/5).

Sedangkan untuk mekanisme pembayaran, nantinya pihak RSTC akan menagihkan biaya pengobatan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga peserta atau perusahaan tidak perlu membayar terlebih dahulu kepada rumah sakit yang bersangkutan.

Suwilwan juga menyampaikan, di Solo raya sudah ada  53 Rumah Sakit dan 13 Klinik yang bekerja sama menjadi RSTC. Jumlah itu akan terus bertambah seiring dengan adanya perluasan pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Selain RSTC, ada fasilitas JKK – Return To Work (RTW) yang juga merupakan pengembangan dari Jaminan Kecelakaan Kerja yang dikelola oleh BPJS ketenagakerjaan. RTW sendiri merupakan pendampingan untuk para peserta yang cacat atau berpotensi cacat akibat mengalami kecelakaan kerja.

“Dengan fasilitas ini, apabila peserta mengalami cacat akibat kecelakaan kerja ia akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan sehingga dapat bekerja kembali di posisi sebelumnya. Atau jika dengan cacatnya tidak memungkinkan kembali bekerja di posisi sebelumnya, ia akan dipekerjakan kembali di posisi yang memungkinkan,” terangnya.

Kendati demikian, ia menyebut fasilitas RTW hanya berlaku bagi peserta yang perusahaannya menandatangani perjanjian untuk berkomitmen mendukung program ini. Hingga sekarang, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo telah menangani 16 Kasus RTW dan 12 diantaranya sudah kembali bekerja di perusahaan tempat asalnya bekerja. Sedangkan perusahaan yang sudah berkomitmen mendukung RTW ini baru sebanyak 254 perusahaan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge