0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Digembleng 18 Bulan, 50 Siswa Penerbang Dinyatakan Lulus

Para siswa yang dinyatakan lulus mengikuti tradisi Solo Terbang di Hanggar Grob Sekolah Terbang TNI AU, Lanud Adi Soemarmo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Sebanyak 50 siswa sekolah penerbang Angkatan Udara (AU) melaksanakan latih dasar Solo pertama dan terakhir di Hanggar Grob Sekolah Terbang TNI AU, Lanud Adi  Soemarmo, Kamis (18/5). Latihan dasar tersebut dilaksanakan usai mereka melampaui pendidikan sekolah penerbang selama 18 bulan.

“Yang telah dicapai saat ini baru sebatas solo pertama. Masih banyak pengalaman terbang berikutnya yang harus mereka laksanakan,” terang Komandan Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Marsekal Pertama TNI AU Novyan Samyoga, Jumat (19/5).

Diungkapkan, dengan berhasilnya para siswa melalui latihan dasar sekolah penerbang AU digelar upacara tradisi solo pertama dan terakhir. Melalui tradisi tersebut diharapkan mampu memberikan semangat lebih kepada para siswa penerbang.

“Setelah ini mereka bisa menjadi penerbang TNI AU, TNI AD atau TNI AL. Dan usai latih dasar, mereka akan menuju latih lanjut. Pelaksanaan latih lanjut nantinya di Lanud Adi Sutjipto,” jelasnya.

Seluruh siswa penerbang mayoritas berasal dari TNI AU, namun ada pula siswa dari sekolah penerbang lulusan akademi militer serta siswa penerbang lulusan akademi AL.

“Ke depan mereka akan menjadi pilot TNI AD, TNI AU, TNI AL. Namun mereka memiliki standar sama dan harus lulus dari sekolah penerbang, baru kemudian disebar ke masing-masing skuadron. Diharapkan semuanya lulus dan dilantik menjadi penerbang, meski bisa saja gugur kalau tidak mampu melewati tahap seleksi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge