0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Butuh Biaya Persalinan, Pria Ini Gelapkan Uang Perusahaan

Pelaku saat diperiksa di Mapolsek Jebres (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Berdalih membutuhkan uang untuk biaya persalinan, Nurul Hidayadi (34) warga Kampung Cangakan RT 02/ RW 05, Kelurahan Cangakan, Kabupaten Karanganyar menilap uang perusahaan tempat dia bekerja. Tak tanggung-tanggung, belasan juta raib dan tidak disetorkan pada juragannya.

“Pelaku ini tugasnya sebagai sales termasuk mengambil uang tagihan perusahaan. Tapi, uang tagihan tersebut tidak disetorkan tapi malah ditilep alias digelapkan untuk kepentingan pribadi,” terang Kapolsek Jebres, Kompol Juliana, Jumat (19/5) siang.

Masalah ini bermula saat pelaku dipercaya melakukan penagihan uang ke sejumlah toko oleh PT Indomarco Adi Prima. Tetapi, uang hasil penagihan tersebut tidak disetorkan ke perusahaan sejak pertengahan Maret lalu. Alhasil, perusahaan merugi hingga Rp14,8 Juta.

Pihak perusahaan, sebenarnya telah bersikap lunak agar pelaku mengembalikan uang dengan memberi jangka waktu yang ditentukan. Namun, pelaku nampaknya tidak memiliki i’tikat baik  hingga akhirnya pihak perusahaan melaporkan ke polisi.

“Pelaku ditangkap, Kamis kemarin dan langsung kami tahan di tahanan Polsek Jebres,” terang Kapolsek.

Sementara, dari pengakuan pelaku dirinya ingin mengembalikan uang tersebut. Namun, dirinya tidak sanggup. Sedangkan, uang yang digelapkan telah habis untuk kebutuhan sehari-hari termasuk untuk persiapan biaya persalinan istrinya.

“Uangnya sudah habis. Niatnya pengen balikin, tapi dapat uang dari mana,” kata bapak satu anak tersebut.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge