0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkatkan Mutu Sekolah Jangan Hanya Andalkan BOS, Tapi…

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemerintah telah memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk untuk meningkatkan mutu pendidikan. Namun bantuan tersebut ternyata belum cukup, kalau tidak didukung oleh peran serta masyarakat melalui komite sekolah.

“Jika ingin sekolah maju, mutu pendidikan naik, tidak mungkin hanya mengandalkan dana BOS saja. Dana bantuan atau sumbangan dari orang tua murid sangat dibutuhkan, Di situlah komite sekolah memiliki peran penting untuk menggalang dana tersebut,” kata Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Ketika memberi pengarahan acara Revitalisasi Komite Sekolah/Madrasah yang digelar oleh Dewan Pendidikan Sragen di Pendopo Sumonegaran, Yuni menyampaikan, komite sekolah memiliki peran penting menggalang dana dari orang tua siswa untuk memajukan sekolah. Walaupun hal itu tidak mudah dilakukan lantaran pasti banyak pertentangan dari orangtua bersangkutan.

“Ketika Komite Sekolah mengeluarkan surat edaran untuk mengumpulkan dana dari orang tua murid terkadang hal itu menjadi polemik,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi dan memberi pengertian orangtua/wali siswa agar tidak terjadi gejolak, Dewan Pendidikan sengaja menghadirkan pihak-pihak yang berkompeten. Seperti Tim Saber Pungli dan Kejaksaan Negeri Sragen.

“Dengan hadirnya mereka ini diharapkan peserta akan mendapatkan pencerahan apa saja yang diperbolehkan dan tidak terkait dengan penggalangan dana pendidikan,” terang Yuni.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas pendidik, pemerintah telah menyiapkan dana Rp 1 Miliar untuk pelatihan guru. Tujuannya, agar guru menjadi lebih kreatif dan tidak monoton dalam mengajar.

“Dengan menjadi seorang guru yang kretaif akan menjadikan siswa tidak bosan dan termotivasi untuk belajar di dalam kelas,” tegasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge