0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peserta LKS SMK Sultra Kunjungi SMPN 8 Solo

Peserta LKS SMK Sultra kunjungi SMPN 8 Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Peserta lomba kompetensi siswa (LKS) SMK Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengunjungi SMP Negeri 8 Solo, Jumat (19/5). Mereka yang berjumlah 12 orang yang dipimpin oleh La Omi memanfaatkan waktu mengunjungi SMP Negeri 8 Solo di sela-sela lomba kompetensi siswa SMK Nasional yang sedang berlangsung di Kota Solo.

Kunjungan delegasi LKS SMK Sultra mendapat suguhan gending Jawa yang dilakukan oleh 23 siswa bimbingan Christina Endah Setyowati SPd.  Gending-gending itu antara lain: Gending Lancaran Kebo Giro Laras Pelog, Ladrang Ambangun Laras Pelog, Gending Lancaran 3 MWP Laras Pelog, Gending Lancaran Berseri Laras Pelog, Gending Ladrang Kalongking Laras Pelog.

“SMP Negeri 8 Surakarta merupakan Sekolah Mantap (Manajemen Transparans Akuntabel dan Partisipatif),” ungkap Kepala SMPN 8 Solo, Nugroho SPd MPd saat memperkenalkan sekolahnya.

Pengelolaan sekolah Mantap, menurut Nugroho, merupakan pola manajemen yang mencoba mengimplementasikan prinsip Transparansi, Akuntabilitas dan partisipasi warga sekolah tanpa harus mengesampingkan peraturan perundangan yang berlaku. Dengan pola manajemen ini diharapkan terungkap unsur-unsur krusial yang dapat memberikan sumbangan dalam memecahkan masalah.

Pada kesempatan itu, Zaenab Syahputri siswa kelas IX G, Jaguar Proex siswa kelas IX D, Damacasta siswa kelas IX A SMP Negeri 8 Surakarta mengungkapkan visi misi sekolah, budaya SMP dan Adiwiyata. Visi SMP Negeri 8 Surakarta adalah Sekolah Yang Berprestasi, Berbudaya, Berwawasan Lingkungan Berdasarkan Iman dan Taqwa.

Budaya SMPN 8 Surakarta adalah 5 S yang artinya Sapa, Salam, Senyum, Sopan dan Santun. Untuk Adiwiyata, melibatkan partisipasi warga sekolah dalam mengelola lingkungan sekolah. Pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge