0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengecekan Jembatan Ampera Tunggu Alat dari Bandung

Jembatan Ampera (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Setelah dilakukan pengecekan visual, Jembatan Ampera dinyatakan tetap aman. Sejauh ini belum ditemukan kerusakan atau pergeseran di tiang atau badan jembatan usai ditabrak tongkang batubara.

PPK Jembatan Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V, Suwarno mengatakan, dari hasil pengecekan tidak ditemukan kerusakan atau pergeseran apapun di jembatan. Hanya saja, ada sedikit kerusakan di fender (tiang pengaman jembatan) akibat hantaman tongkang.

“Untuk pergeseran tiang kemungkinannya sangat kecil, karena yang tertabrak kuat hanya fender,” ungkap Suwarno, Kamis (18/5).

Meski demikian, kata dia, diperlukan pengecekan secara teknis untuk mengetahui lebih detail kondisi terakhir. Hanya saja, pengecekan tidak bisa cepat dilakukan karena menunggu alat dari Bandung, Jawa Barat.

“Paling cepat dua minggu lagi alatnya baru sampai. Nanti sekalian kita lakukan pengecekan rutin,” ujarnya.

Dia menambahkan, Jembatan Ampera sering ditabrak tongkang atau alat transportasi sungai. Beruntung, pihaknya cepat membangun pengaman jembatan.

“Jika ada tabrakan, biasanya tidak mengenai langsung tiang jembatan. Artinya kerusakan bisa diminimalisir, jika hanya fendernya saja yang rusak biayanya tidak terlalu mahal,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo meminta pemerintah pusat menambah fender untuk menjamin keamanan tiang jembatan. Sebab, saat ini hanya baru ada dua fender yang berada di bagian tengah tiang.

“Kita minta semua tiang dibangun fender lagi, karena ada dua tiang yang belum. Untuk teknisnya bisa dibicarakan lagi,” kata Harnojoyo.

[did]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge