0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasoepati Balas #penakseduluran untuk Suporter Sleman

Perbekalan air mineral dari Pasoepati untuk suporter PSS Sleman (BCS dan Slemania) dalam perjalanan melewati Boyolali dan Klaten (dok.timlo.net/@Pasoepati_Satoe)

Solo — Sebuah pemandangan positif disuguhkan oleh suporter Persis Solo, Pasoepati dalam menciptakan perdamaian antar suporter. Ya, sebagian anggota Pasoepati turut menyambut suporter PSS Sleman yakni Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania, saat kepulangan dari Jepara, Kamis (18/5) dinihari.

Ribuan suporter PSS dalam perjalanannya pulang ke Sleman, melewati Boyolali dan Klaten, usai mendukung tim kesayangannya melawan Persijap Jepara. Fans PSS sendiri mendapat insiden saat keberangkatan di Magelang, dan di Jepara saat hendak pulang.

Alhasil sebagian BCS dan Slemania harus dilewatkan ke Boyolali dan Klaten yang merupakan basis suporter Persis Solo, Pasoepati. Hubungan Pasoepati dan BCS ditarik ke belakang beberapa tahun kemarin sempat panas. Namun tidak untuk saat-saat ini. Pasoepati pun membalas itikad baik dari fans PSS, seperti ketika menyambutnya dalam perjalanan ke Bantul, 7 Mei kemarin.

Anggota Pasoepati menyambut para suporter Sleman dengan menyediakan perbekalan air mineral di beberapa titik perjalanan Boyolali dan Klaten. Seperti yang dilakukan Pasoepati Boyolali (Pasboy) dalam penyambutan suporter Sleman di simpang lima Patung Kuda Boyolali, dipimpin Sekjen DPP Pasoepati Anwar Sanoesi.

Suasana damai pun merembet hingga ke dunia maya. Di jejaring sosial Twitter, baik Pasoepati, BCS, maupun Slemania pun menggelorakan semangat #penakseduluran. “@Pasboy_1923: Sebagian dulur @BCSxPSS_1976 @Slemania2000 sudah sampai disimpang lima boyolali sudah disambut @Pasoepati,” demikian cuitan akun @pasboy (Pasoepati Boyolali), Kamis pukul 02.00 dini hari.

Akun resmi twitter BCS pun ikut berkomentar dengan penuh keakraban kepada Pasoepati. “@BCSxPSS_1976: Terima kasih jer @Pasboy_1923 @Pasoepati oleh2 e nyusul ya.” “Pasoepati,maupun elemen masyarakat yang rela begadang untuk membantu beberapa rekan2 yg melewati Salatiga, Boyolali dan Solo. Maturnuwun,” imbuh pemilik akun @SepakbolaSleman.

“Kami sleman fans perlu belajar dari @Pasoepati @Pasboy_1923 @PasJalurMerah , kalian suporter besar dengan hati yang besar pula. #respect,” lanjut pemilik akun “@IniAkunPribadi. Situasi penuh kedamaian ini pun ditanggapi Wakil Presiden DPP Pasoepati, Ginda Ferachtriawan.

“Kami menyambut bukan mengawal. Karena kami dengar ada insiden di Jepara. Ya monggo lewat saja, itu jalan umum. Semua atas inisiatif dari teman-teman, dan DPP mengetahui. Intinya kan sebisa mungkin menghindari konfrontasi dengan suporter lain,” ujar Ginda saat dihubungi wartawan, Kamis (18/5) sore.

Saya rasa memang wajib dilakukan, dan dimulai dari hal yang kecil dahulu. Kami berharap PSSI bisa mengambil momentum seperti ini, demi terciptanya perdamaian seluruh suporter. Ini juga baru awal kompetisi, dan masih panjang. Teman-teman suporter lain tetap bakal berlalu-lalang di berbagai daerah konflik suporter,” imbuh Ginda.

Kendati semakin membaiknya hubungan arus bawah antara Pasoepati dengan BCS, pihaknya berharap situasi tersebut tetap dipertahankan. DPP Pasoepati sendiri masih menunggu momen-momen perdamaian dengan suporter Sleman terus mengalir dan kuat di akar rumput.

“Arahnya semakin positif, itu yang bisa saya sampaikan. Mengalir dulu, kalau sudah kuat baru mengarah kemana-mananya,” tandas Ginda.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge