0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Rilis Android Go Untuk Smartphone Dengan Memori RAM di Bawah 1GB

Android Go. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena. )

Timlo.net—Dalam konferensi pengembang IO yang digelar Rabu (17/5), Google merilis Android Go. Inisiatif ini diciptakan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Android One. Program Android One sendiri sudah lama tidak memproduksi smartphone baru. Akan tetapi, program Android Go tidak akan disebut Android One 2.0. Jadi akan ada perbedaan di antara keduanya.

Google berkata mereka terinspirasi oleh aplikasi YouTube Go saat mengembangkan Android Go. Setiap perangkat yang dirilis dengan Android O dan versi OS berikutnya yang memiliki memori RAM 1GB atau kurang akan memperoleh konfigurasi Android Go.

Jadi apa konfigurasi Android Go ini? Pada dasarnya operasi sistem dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dipakai dengan hardware yang rendah. Selain itu, Android bisa bekerja dengan konektivitas jaringan yang sangat terbats dan paket kuota data yang kecil.

Akan ada manajemen data di Quick Settings dan sebuah API tersedia untuk para operator seluler. Jadi Anda akan selalu tahu berapa banyak data yang ada dalam paket kuota. Lebih dari itu, di dalam menu Settings, Anda bisa dengan cepat mengisi paket data jika kehabisan.

Fitur Data Saver akan menjadi fitur default di dalam konfigurasi Android Go. Dan Google berjanji untuk mengoptimalkan aplikasi-aplikasi bawaan dalam perangkat. Aplikasi bawaan akan dibangun seperti halnya saat Google membuat YouTube Go.

Jika para pengembang aplikasi pihak ketiga ingin aplikasi mereka dipakai para pemilik perangkat Go, maka mereka harus menyesuaikan aplikasi dengan dokumen Google Best Practices yang disebut Building for Billions. Hal ini berarti mereka harus mempertimbangkan konektivitas internet yang terbatas dan paket kuota data yang kecil juga hardware yang minimum saat membuat aplikasi.

Perangkat Android Go generasi pertama akan dirilis pada 2018, kata Google dilansir oleh GSM Arena.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge