0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekeringan, Pemkab Wonogiri Sediakan Dana Rp 13,3 Miliar

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/ist)
Wonogiri — Anggaran miliaran rupiah disediakan pemerintah untuk mengatasi krisis air bersih yang kerap melanda wilayah Wonogiri bagian selatan saat dilanda kekeringan.
“Dana kita siapkan anggaran Rp 13,3 miliar. Tapi dana  itu bukan untuk bantuan air bersih bagi masyarakat berdampak kekeringan. Melainkan buat sejumlah kegiatan fisik, misalnya pemeliharaan dan rehabilitasi embung, peningkatan sarana dan prasarana air bersih, maupun sanitasi lingkungan berbasis masyarakat,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Rabu (17/5).
Disampaikan, program yang dijalankan selama ini hanya bersifat sementara tanpa ada solusi permanen. Untuk itu, Pemkab Wonogiri berupaya mencari solusi permanen supaya bisa memutus permasalahan tersebut,minimal bisa mengurai sedikit demi sedikit permasalahan air bersih.
“Selama ini kalau terjadi kekeringan, membantu air bersih menggunakan tangki air terus ditempeli foto si penyumbang, tapi itu sebenarnya bukan solusi. Mulai tahun 2017 ini Pemkab Wonogiri sudah mengalokasikan anggaran secara rutin, untuk direalisasikan berbasis tehnis. Maksudnya, bila di situ ada sumber air dan secara tehnis memungkinkan untuk dimanfaatkan untuk masyarakat, serta dari segi penganggaran memungkinkan untuk direalisasikan, ya segera kita kerjakan dengan menggunakan anggaran itu,’’ jelasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge