0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama Dua Hari, Pelajar SMK Ini Digembleng Mirip Militer

(timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sejumlah siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dian Kirana 1 Sragen mengikuti kegiatan pembinaan bela negara. Salah satu materi yang disampaikan adalah latihan ketarunaan yang diwajibkan pada seluruh siswa, yang ditujukan untuk membentuk karakter dan kedisiplinan.

“Pelatihan ketarunaan ini dilakukan untuk membentuk karakter siswa agar memiliki keberanian dalam kebenaran, kedisiplinan mental dan terampil,” kata salah satu pelatih dari Kodim 0725/Sragen, Pelda Sungari, Selasa (16/5).

Sungari menerangkan, pelatihan ketarunaan tersebut disampaikan pengertian tentang bela negara, tujuan bela negara dan manfaat bela negara di sekolah serta materi empat pilar kebangsaan. Materi dibagi  baik untuk perorangan atau kelompok.

Materi perorangan meliputi sikap sempurna, sikap istirahat, penghormatan, langkah ke depan/belakang atau materi baris-berbaris pada umumnya. Sedangkan untuk materi beregu atau bentuk peleton meliputi periksa kerapian, cara berkumpul bentuk saf/banjar, haluan kanan/kiri, melintang kanan/kiri dan sebagainya.

Dia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan ujian dari pelajaran yang telah diberikan tiga kali dalam seminggu selama tiga bulan. Selama masa pelatihan ketarunaan tersebut, para siswa nantinya akan diberikan piagam/sertifikat dari Dandim 0725/Sragen.

Guru Pembimbing Bidang Kesiswaan SMK Dian Kirana I Sragen, Aris Cahyono mengatakan, pelatihan taruna dilaksanakan bagi seluruh siswa Kelas X atau baru selama dua semester. Pelatihan digelar selama dua hari bertempat di Taman Tecnopark Sragen.

“Program ini untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan cinta bangsa untuk mendukung pendidikan nasional,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge