0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tantangan Program Sejuta Rumah yang Diluncurkan Jokowi

ilustrasi ()

Timlo.net – Permintaan perumahan masyarakat tahun ini dinilai cukup tinggi. Pemerintah mengklaim tingkat kebutuhan perumahan mencapai 800.000 unit per tahunnya.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Lana Winayanti, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan program satu juta rumah. Namun, diakui, implementasi masih terbentur sejumlah tantangan.

“Data per 2014, ada backlog sekitar 13 juta rumah dan 3 juta rumah tidak laik atau kumuh,” ujarnya di Jakarta, Selasa (16/5).

Sejumlah kendala yang saat ini menghadang pemerintah antara lain, belum ada alokasi khusus perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), harga tanah mahal, kesediaan tanah berkurang khususnya perkotaan, sulitnya pembebasan lahan hingga daya beli calon konsumen rendah.

“Maka dari itu, kunci keberhasilan sinergi antar stakeholder seperti pemda dan pengembang,” tuturnya.

Pemerintah pusat saat ini memiliki keterbatasan dalam penyediaan rumah, di mana hanya 5 persen sampai 10 persen dari target. Maka, pemerintah mengeluarkan sejumlah insentif atau kemudahan pada pengusaha antara lain FLPP, subsidi kredit perumahan dan uang muka hingga pembebasan PPN.

“Penyaluran FLPP tahun ini ditargetkan bisa mencapai 120.000 unit.”

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge