0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Benda Curian dari Keraton Solo Dijual Rp 1,4 Juta

Pelaku dan dua penadah barang curian diperiksa polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pelaku pencurian di kompleks Keraton Solo, Joko Margono (59) menjual hasil kejahatannya seharga Rp 1,4 juta kepada tetangganya bernama Sarfan (59). Kedua pelaku yang merupakan warga Kampung Langensari RT03/ RW01 Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo ini mengetahui jika hasil curian berupa sepasang patung loro blonyo dan sebuah tongkat itu merupakan hasil curian.

“Saya jual pada Sarfan seharga Rp 1,4 juta,” kata Joko kepada wartawan, Selasa (16/5) siang.

Dari hasil pemeriksaan keduanya, polisi juga berhasil menangkap seorang penadah barang curian bernama Suhermanto (41) warga Jalan Lembu Sura RT01/ RW09 Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon. Dialah yang membayar uang senilai Rp 1,4 juta melalui Sarfan kepada Joko. Rencananya, sepasang patung benda kuno tersebut akan kembali dijual dengan harga Rp 2 juta.

“Belum tahu dijual kemana, yang penting saya bayar dulu sebesar Rp 1,4 juta,” jelas Suhermanto.

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi mengatakan, setelah sukses menjual hasil curiannya, Joko ketagihan untuk kembali mencuri. Namun naas, lantaran aksi keduanya berhasil digagalkan dengan jebakan yang telah dibuat berupa tali yang ujungnya diberikan kaleng bekas.

“Saat menginjak tali itu, GKR Rumbai yang berada di Keputren terbangun dan memergoki aksi pelaku hingga dia ditangkap,” katanya.

Atas perbuatannya, Joko dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. Sementara itu, Sarfan dan Suhermanto dijerat Pasal 480 KUHP tentang Pemufakatan Jahat dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge