0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ahli IT Ini Kuatir WannaCry Hanya Serangan Uji Coba

Serangan WannaCry di papan reklame digital di Bangkok. (Dok: Timlo.net/ nationmultimedia.com )

Timlo.net—Seorang ahli IT (Information Technologi) berkata serangan Ransomware WannaCry baru-baru ini jika serangan itu bisa jadi hanya sebuah serangan uji coba. Berbicara kepada RTE’s Six One, ahli IT bernama Conor Flynn itu berkata jika pelaku serangan ini mungkin baru melakukan uji coba dan akan melakukan serangan serupa pada bulan-bulan mendatang. Conor, Managing Director of Information Security Assurance Services berkata jika hal ini bisa dibuktikan dengan melihat sedikitnya infeksi dalam serangan.

Serangan ransomware WannaCry yang terjadi sejak Jumat (12/5) itu mempengaruhi puluhan ribu komputer dan ratusan negara di dunia. Pemerintah, perusahaan dan ahli komputer di seluruh dunia pada Senin (15/5) bersiap untuk serangan cyber paling buruk. Serangan ini dikatakan memanfaatkan kelemahan yang dijumpai pada komputer yang memakai sistem operasi Microsoft model lama.

Di Cina sendiri dikatakan ada 30 ribu institusi termasuk badan pemerintah yang terkena serangan. Qihoo 360, penyedia software anti virus terbesar di Cina berkata ada 29.372 institusi baik badan pemerintah, universitas, ATM dan rumah sakit yang terkena virus itu. Stasiun kereta, layanan pengiriman surat, POM bensin, rumah sakit, bangunan kantor, mall dan layanan pemerintah juga terkena serangan.

The Japan Computer Emergency Response Team Coordination Center, sebuah kelompok nirlaba berkata ada 2 ribu komputer di 600 lokasi di Jepang itu terkena serangan itu. Perusahaan seperti Hitachi dan Nissan Motor Co berkata jika mereka juga diserang. Tapi WannaCry tidak menyebabkan dampak serius untuk kinerja kedua perusahaan itu.

Di Thailand, pemerintah belum mengkonfirmasi jika ada organisasi atau perusahaan yang terkena serangan. Tapi pemberitaan media pada Senin (15/5) menyebutkan beberapa foto beredar di Twitter sejak Minggu (14/5). Foto-foto itu memperlihatkan jika ada dua papan reklame digital yang terkena serangan WannaCry. Keduanya dipasang di Bangkok, dan memperlihat pesan dari hacker.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge