0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sukoharjo Punya Pengolahan Sampah Terpadu 3R

Peresmian pengolahan sampah terpadu 3R (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sampah menjadi permasalahan di hampir semua daerah karena setiap hari jumlahnya semakin meningkat. Di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, masyarakat membangun Pengolahan Sampah terpadu Re Use, Reduce dan Recyle (3R) di lahan seluas 3.700 meter persegi.

“Kita menerima bantuan untuk pembuatan pengolahan sampah terpadu 3R dan sekarang sudah selesai pembangunanya dan siap untuk dipergunakan. Di sini sampah akan dipilah mana yang bisa digunakan kelbali, mana yang bisa menjadi pupuk atau pakan ternak dengan kapasitas yang cukup,” kata ketua kelompok pengelola KSM Bina Sakina, Suroto, Senin (15/5).

Biaya pembangunan TPS 3R di Desa Kwarasan ini mencapai Rp 580 Juta di lahan seluas 3700 meter dan akan diberi bantuan tambahan oleh Bupati Sukoharjo Rp 140 Juta untuk membuat pagar. Dengan biaya sebesar itu, TPS terpadu ini terdapat mesin pencancah sampah organic dan anorganic, pencancah anting, mesin pemilah, mesin granule hingga mesin pengering.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sukoharjo juga meresmikan dua pengolahan sampah di Desa Gonilan dan Desa Gumpang, kecamatan Kartasura. Diarapkan dengan adnaya TPS terpadu ini bisa bermanfat bagi warga desa dan menjadi solusi permasalahan sampah di Kabupaten Sukoharjo.

“Sampah adalah emas yang terpendam dimana melalui 3R atau Re-use, Reduce, dan Recycle sampah menjadi hal yang berharga dan mampu meingkatkan PAD desa. Selain itu, saya akan membantu Rp 140 Juta untuk pembangunan pagar agar terlihat lebih bagus, dan ini cukup menggembirakan bagi Sukoharjo,” tandas Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge