0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polemik Pasar Masaran, Dewan Serahkan ke Disperindag

Pedagang Pasar Masaran saat demo di Gedung DPRD Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Puluhan pedagang Pasar Masaran kembali mendatangi Gedung DPRD Sragen. Mereka masih berupaya Dewan bisa menyelesaikan terkait masalah penataan pasar agar dikembalikan ke tempat semula.
Dalam pertemuan dengan Komisi II DPRD, pimpinan Dewan mengundang pejabat lama dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen untuk dimintai keterangannya. Salah satunya, mantan Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Muhtar Ahmadi.
Sedangkan dari pihak pedagang Pasar Masaran didampingi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Masyarakat Sragen (Formas). Namun pertemuan ini juga belum menghasilkan keputusan yang signifikan. Dewan mengembalikan lagi persoalan penataan Pasar Masaran kepada dinas terkait.
“Kita rekomendasikan ke Disperindag untuk segera menyelesaikan masalah. Kita minta Komisi II untuk mengawal, ini harus bisa diselesaikan bersama,” kata Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto, Senin (15/5).
Dalam forum tersebut, Bambang Pur menanyakan siapa pejabat Disperindag yang sebenarnya mempunyai kewenangan untuk melakukan penataan pasar. Dia juga mempertanyakan dasar dari pemindahan los  pedagang hingga menimbulkan polemik.
Muhtar Ahmadi mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang soal pembangunan pasar. Hanya saja Muhtar mengaku, saat sisialisasi tersebut memang tidak diterangkan dengan menggunakan peta arsu denah lokasi.
Sekreraris Daerah Sragen Tatag Prabawanto menyambut baik solusi yang ditawarkan Komisi II agar penyelesaian penataan pasar diserahkan sepenuhnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tatag meminta para pedagang baik yang pro dan kontra dengan penataan Pasar Masaran tidak memperpanjang masalah.
“Pasar Masaran supaya diselesaikan dengan damai. Nanti semua pihak ini juga bakal bertemu di pasar. Ora mungkin mereka jutakan (tidak saling sapa —Red),” ujar Tatag.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge