0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hadapi Ransomware Wannacrypt, BIN Minta Antarlembaga Saling Koordinasi

Kepala BIN, Budi Gunawan (merdeka.com)

Timlo.net – Badan Intelijen Negara (BIN) menanggapi serius ancaman serangan virus ransomware wannacrypt. Instansi dan lembaga negara yang bergerak di bidang intelijen dan pengamanan informasi diminta berkoordinasi dan konsolidasi terkait serangan virus tersebut.

“Hal ini untuk mempercepat proses mitigasi jika terjadi serangan secara masif. Sehingga jika terjadi serangan cyber pada suatu instansi, maka dengan adanya konsolidasi, koordinasi dan pertukaran cyber intelligence, instansi lain yang belum terkena serangan dapat segera menentukan mitigasi dan tindakan preventif sebelum terjadi serangan,” kata Kepala BIN, Budi Gunawan di Jakarta, Senin (15/5).

Dia menambahkan, serangan ini menjadi peringatan (alert) bagi semua pihak terutama instansi publik yang strategis seperti rumah sakit yang menjadi korban serangan saat ini, untuk meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasi.

“Serangan seperti ini merupakan bentuk ancaman baru berupa proxy war dan cyber war yang digunakan oleh berbagai pihak untuk melemahkan suatu negara,” ujarnya.

Budi meminta, seluruh instansi terkait pengamanan informasi harus mulai mengubah paradigma sistem pengamanan informasi, dari pengamanan informasi konvensional seperti firewall dan antivirus, menjadi ke arah sistem pengamanan terintegrasi yang memiliki kemampuan deteksi serangan secara dini (intelligence system) ke seluruh komponen sistem informasi yang digunakan.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge