0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Kekurangan Ninja

Situs dengan pengumuman lowongan ninja penuh waktu. (Dok: Timlo.net/ The Ashi Shimbun. )

Timlo.net—Jepang sedang memerlukan ninja-ninja baru karena mereka kekurangan pasokan pasukan ini. Dikenal karena gerakan tersembunyi mereka, ninja memang hanya ditemui di Jepang. Banyak orang beranggapan jika Jepang masih melatih banyak warganya menjadi ninja. Akan tetapi menurut the Independent, negara itu kekurangan ahli bela diri ini karena beberapa alasan. Alasan utamanya, hanya ada sedikit orang yang bisa memenuhi kriteria untuk berlatih ilmu ninja.

Masalahnya, dengan bertumbuhnya pariwisata di Jepang, setiap tahunnya permintaan untuk pertunjukan ninja juga meningkat. “Dengan naiknya jumlah wisatawan asing yang mengunjungi Jepang, nilai ninja sebagai konten pariwisata juga meningkat. Ada lebih banyak pilihan lapangan pekerjaan, pertunjukan ninja di seluruh bagian negara menjadi populer. Saya rasa ada kekurangan ninja,” kata Takatsugu Aoki, manajer pasukan bela diri di bagian selatan Kota Nagoya, Jepang dalam wawancara dengan The Ashi Shimbun.

Walaupun ada beberapa anggota masyarakat yang melamar sebagai ninja, beberapa di antaranya dianggap kurang terampil. Para ninja ini perlu keterampilan yang tinggi karena akan dilatih dalam pertarungan tangan kosong. Keterampilan lainnya yang diperlukan meliputi akrobatik, ilmu menyembunyikan diri, pertolongan pertama pada kecelakaan. Selain itu, calon ninja juga harus bisa melempar shuriken dan bertarung dengan pedang.

Selama berabad-abad, ninja dikenal di Jepang dan di seluruh dunia sebagai prajurit dan pembunuh yang menakutkan. Mereka dikenal ahli dalam menyamar dan menjadi mata-mata ulung. Ada banyak film dan animasi yang menggambarkan kehidupan para ninja.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge