0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LSP STIE AUB Solo Terima Lisensi dari BNSP

Ketua LSP STMIK AUB Galih Wisnu Wardana (kiri) dan Ketua LSP STIE AUB I Gusti Putu Diva (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Adi Unggul Bangsa (AUB) Surakarta dan LSP Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AUB Surakarta menerima lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di Gedung Aula STMIK AUB Surakarta, Selasa (16/5). Penyerahan lisensi akan disampaikan Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman.

“Diberikan lisensi dari BNSP kepada LSP STIE AUB dan LSP STMIK AUB diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada lulusan yang ada di perguruan tinggi AUB, alumni dan mitra strategis sesuai standar kompetensi yang ditetapkan oleh Badan Nasional yang berwenang memberikan sertifikasi profesi sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaki,” ungkap Ketua LSP STIE AUB Surakarta I Gusti Putu Diva Awatara didampingi Ketua LSP STMIK AUB Surakarta Galih Wisnu Wardana kepada wartawan, di Kampus STMIK AUB Surakarta, Senin (15/5).

Dijelaskan, pembentukan LSP di Perguruan Tinggi AUB tidak lain menjalankan amanat UU RI Nomor 12 Tahun 2012  tentang Pendidikan Tinggi dalam Pasal 44 ayat 1 sampai 3, diantaranya sertifikat kompetensi merupakan pengakuan kompetensi atas prestasi lulusan yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya dan memiliki prestasi di luar program studinya.

Menurutnya, pengakuan formal dan pemberian lisensi lembaga-lembaga sertifikasi profesi melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan, LSP telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikat profesi. Ruang lingkup lisensi adalah pendelegasian kewenangan melaksanakan sertifikasi yang diberikan BNSP kepada LSP berkaitan dengan skema sertifikasi yang diajukan atau dikembangkan LSP.

“Persyaratan sertifikasi spesifik yang berkaitan dengan kategori profesi yang ditetapkan dengan menggunakan standard dan aturan khusus yang sama, serta prosedur yang sama,” jelasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge