0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Percepat Revitalisasi Keraton Solo, Pemerintah Bentuk Tim Pendampingan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah membentuk Tim Asistensi penataan Keraton Surakarta. Sesuai namanya, tim tersebut akan mendampingi Keraton Surakarta menyusun rencana penataan dan pengelolaan Keraton dalam hal fisik dan manajemen.

“Soal adat, upacara, dan budaya itu urusan internal Keraton. Kita tidak ikut campur,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Sabtu (13/5).

Tim tersebut, terang Rudy, dibentuk saat dirinya menghadiri rapat lintas kementerian di Jakarta, Kamis (11/5) kemarin. Tim Asistensi digawangi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Subagiyo Hadi Siswoyo, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Dirjen Kebudayaan, Direktur Jenderal Cipta Karya, Dirjen Politik dan Hukum, Gubernur Jawa Tengah, Walikota Solo, Perwakilan Keraton dan Pemerhati Budaya.

“Dari Keraton ada KGPH Benowo, KGPHPA Tedjo Wulan, dan Pemerhati Budaya ada bu Nina Akbar Tandjung. Menteri Pariwisata Arif Yahya yang akan jadi ketua Tim Asistensi,” terang Rudy –sapaan akrab Walikota Solo.

T​im Asistensi ini memiliki tugas utama mempercepat proses revitalisasi Keraton Surakata. Tak hanya secara fisik, revitalisasi juga akan menyentuh aspek manajerial di mana kapasitas Sumber Daya Manusia Keraton Surakarta masih minim.

“Tim Asistensi juga harus segera membentuk Badan Pengelola Bersama sesuai amanat Keputusan Presiden no 23 tahun 1988,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge