0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

JLS Bikin Harga Tanah Melambung Tinggi

Jalan Lintas Selatan Wonogiri (ist)

Wonogiri — Pembangunan jalan lintas selatan (JLS) dari Kecamatan Giriwoyo hingga Pracimantoro membawa dampak pada harga tanah di sekitarnya. Kini, harga tanah melambung 10 kali lipat dari harga biasanya.

“Harga tanah di pinggir proyek JLS mencapai Rp 300 Ribu permeter. Padahal, sebelum proyek JLS dimulai, harga tanah di sekitar bakal proyek JLS hanya sekitar Rp 30 Ribu per meternya,” kata Kades Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Sukatmo, Jumat (12/5).

Menurut dia, saat ini mulai banyak pengusaha yang datang untuk mensurvei tanah di sekitar lokasi. Bahkan belum lama ini ada seorang pengusaha yang berani membayar tanah milik warga setempat dengan harga Rp 450 Ribu per meter.

“Dulu saat pembebasan lahan, setiap warga yang memiliki tanah yang terkena dampak peroyek JLS diberi uang ganti rugi senilai Rp 50 Ribu permeter. Tapi, akibat proyek JLS membuat ketinggian tanah di sisi selatan dan sisi utara jalan di Desa Sambiroto menjadi tidak rata. Jadi harga tanah tidak sama. Tanah yang posisinya rendah dihargai Rp 100 Ribu permeternya, ” kata dia.

 

Jalan Lintas Selatan Wonogiri

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge